Kontak Kami

( pcs) Checkout

Selamat datang di Pustaka Kita | Jalur Tepat Intelektual Transaksi cepat dan praktis via web, langsung tahu harga buku dan ongkir Tinggal klik, bayar, konfirmasi, buku dikirim Tidak melayani COD, semua pembayaran melalui bank Baca! Cara belanja dan syarat & ketentuan. Sila tanyakan yang tidak/belum jelas
Beranda » Kabar Buku » Membaca Buku Secara Efektif

Membaca Buku Secara Efektif

Diposting pada 8 April 2017 oleh pustaka kita

Membaca buku memberi kita banyak manfaat. Tapi ternyata, belum semua orang tahu bagaimana cara membaca buku secara efektif. Membaca buku secara efektif sangat penting, sebab manfaat yang bisa didapat sangat besar. Selain metode SQ3R: survey, question, read, recite, review, dan metode seperti scanning dan skimming, masih ada banyak metode menarik yang bisa digunakan untuk membaca buku secara efektif. Seperti apa caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Memilih topik bacaan
Ada beberapa orang yang tidak melanjutkan bacaan yang sedang ia baca karena di tengah-tengah kegiatan membaca ia merasa topik bacaan tersebut tidak menarik baginya. Hal ini tentu sangat berpengaruh dalam kegiatan membaca efektif. Pilihlah topik bacaan yang menarik, yang menggugahmu untuk menyelesaikan bacaan tersebut sampai tuntas.

2. Baca secara detail
Jangan malas untuk membaca bagian sampul belakang buku dan daftar isi serta pengantar maupun abstraknya. Karena dari sinilah kamu akan dituntun menuju bacaan pokok. Cermati isi bacaan lalu cobalah menghubungkan ide-ide yang terkait, pertimbangkan berbagai sudut pandang, jangan lupa juga untuk mengetahui prinsip-prinsip atau kunci dari bacaan yang kamu baca. Dan yang terpenting, hantarkan pengetahuan dari bacaan tersebut ke dalam pikiranmu.

3. Pintar memilih waktu
Waktu yang tepat dalam membaca buku merupakan salah satu kunci sukses dalam membaca efektif. Kita tidak dapat membaca buku dengan waktu yang serampangan. Sebisa mungkin jangan biarkan dirimu menunda buku yang sedang kamu baca, karna hal itu dapat mengurangi bobot pemahaman dan memotong pikiran untuk memahami isinya.

Ada orang yang memlih waktu membaca di malam hari, karna baginya saat itu merupakan saat yang paling tenang untuk melakukan kegiatan tersebut. Ada juga yang melakukannya di tengah-tengah perjalanan jauh atau saat sore hari sambil bersantai minum teh. Hal tersebut kembali lagi pada diri kamu masing-masing, Sobat.

4. Membaca kontemplatif
Jangan biarkan buku yang telah kamu baca terlihat mulus begitu saja apalagi sampai lupa dengan isinya. Saat membaca buku, peganglah pensil atau pulpen untuk menandai bagian mana yang menurut kamu kurang dimengerti atau yang kamu anggap kurang menarik. Kemudian tandai, lingkari atau kasih komentar.

Hal tersebut dapat melatih kecerdasan pikiranmu. Kamu juga dapat memberi catatan kecil di setiap bacaan yang kamu tidak suka atau tidak sependapat dan sebagainya.

5. Mind Mapping

Buatlah garis besar isi buku setelah kamu selesai membaca. Hal ini akan memudahkanmu untuk memahami lebih dalam apa yang baru saja kamu baca.

Bagaimana? cara-cara di atas mudah, bukan?

 

Sumber: Gemintang7

Bagikan informasi tentang Membaca Buku Secara Efektif kepada teman atau kerabat Anda.

Membaca Buku Secara Efektif | Pustaka Kita | Toko Buku Online Yogyakarta Termurah & Terpercaya

Belum ada komentar untuk Membaca Buku Secara Efektif

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 15%
Rp 58.480 Rp 68.800
Ready Stock / 978-602-262-421-9
OFF 15%
Rp 42.500 Rp 50.000
Ready Stock / 978-602-7544-46-8

ALAMAT

Perumnas Guwosari Blok VI B
Pringgading, Guwosari, Pajangan, Bantul
D.I. Yogyakarta 55751
Surel: cs@pustakakita.com
WA: 08812608035, 082328979777
Telegram: 08812608035

SIDEBAR
})