Beranda » Sejarah » Sejarah Pendidikan di Maluku Utara

Sejarah Pendidikan di Maluku Utara

DISKON 15% ISBN: 978-602-258-119-2 Stok: Habis
Berat 150 gram
Kondisi Baru
Kategori Sejarah
Dilihat 281 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Rp 42.500 Rp 50.000
Hemat Rp 7.500
H A B I S
Produk ini tidak tersedia lagi (tidak dapat diorder).
Sejarah Pendidikan di Maluku Utara
Rp 42.500 Rp 50.000
Habis / 978-602-258-119-2
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Sejarah Pendidikan di Maluku Utara

Penulis : Hairudin Amir

Tebal : 148 hlm

Ukuran : 14,5 x 21 cm

Penerbit : Ombak

Deskripsi :

Buku ini menyimpulkan bahwa pasca diberlakukannya sistem pendidikan Kolonial di Maluku Utara, terjadi perubahan orientasi pendidikan secara drastis. Sistem pendidikan tradisional (baca: Islam), lebih berorientasi pada aspek kesalihan pribadi dan sosial dalam kerangka agama. Ketika diterapkannya sistem pendidikan Kolonial, unsur kesalehan pribadi dan sosial dalam konteks agama masih tampak, akan tetapi lebih menitik beratkan pada aspek-aspek material. Salah satu aspek material yang dimaksud adalah bahwa pendidikan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, terutama bagi masyarakat bumiputera.

Setelah diterapkannya Politik Etis pada permulaan abad ke-20 oleh pemerintah Kolonial, pendidikan menjadi focus perhatian pemerintah. Pemerintah Kolonial mulai membuka kesempatan untuk pendidikan bagi anak-anak bumiputra di Maluku Utara.

Seiring dengan perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu, respon masyarakat Maluku Utara terhadap sistem pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kolonial mulai menurun dan beralih kepada sistem pendidikan yang diselenggarakan oleh pihak zending dan organisasi Islam. Hal ini disebabkan karena sekolah-sekolah yang dibangun oleh pihak zending dan organisasi Islam di Maluku Utara menerapkan pendidikan dengan biaya relatif murah dan terjangkau oleh masyarakat bumiputra.

Sementara pendidikan tradisional yang telah ada di Maluku Utara sebelum hadirnya pendidikan Barat, respon masyarakat bumiputera terhadap sistem pendidikan ini mulai menurun. Hal ini disebabkan karena sistem pendidikan tradisional hanya bertujuan untuk memahami ajaran agama Islam dan para murid lulus dari sistem pendidikan ini tidak dapat diterima untuk bekerja di instansi pemerintah. Dengan demikian maka sistem pendidikan tradisional di Maluku Utara hanya dinikmati oleh masyarakat bumiputera yang fanatik terhadap ajaran agama Islam. Sistem pendid

Tags: ,

Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat:

Jl. Kasongan (Agen Wahana Timur Balai Desa Bangunjiwo) Gendeng RT 15, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, DIY 55184

Kurir

Pembayaran

Chat via Whatsapp
Pustaka Kita
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Pustaka Kita
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja