Beranda » Budaya » Urang Banjar dan Kebudayaannya

Urang Banjar dan Kebudayaannya

DISKON 15% ISBN: 978-602-258-338-7 Stok: Habis
Berat 500 gram
Kondisi Baru
Kategori Budaya
Dilihat 1.517 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Rp 127.500 Rp 150.000
Hemat Rp 22.500
H A B I S
Produk ini tidak tersedia lagi (tidak dapat diorder).
Urang Banjar dan Kebudayaannya
Rp 127.500 Rp 150.000
Habis / 978-602-258-338-7
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Buku Urang Banjar dan Kebudayaannya

Penulis     : 

Tebal         :  481 hlm

Ukuran     : 16 x 24 cm

Penerbit   : Ombak

Deskripsi:

“[Buku ini] memuat inventarisasi semua aspek kebudayaan Banjar ini. [Dari buku ini] kita mendapat kesan betapa budaya Banjar amat kaya dengan segala warna-warni pernak-perniknya. Meskipun mungkin ada yang sudah tidak digunakan lagi, tapi dengan inventarisasi dan dokumentasi ini nilai sejarahnya menjadi amat penting. Dari buku ini kita dapat menemukan kembali lumbung kearifan-kearifan lokal (local wisdom) yang sedang trendi tapi masih cukup relevan dengan kehidupan kita sekarang. Hasil-hasil budaya ini tentu saja dapat (atau sudah?) dikembangk­­­­an untuk kepentingan praktis pariwisata misalnya. Mungkin ada baiknya Banjar yang tidak jauh dan masih kental dengan “budaya sungai” dapat menambahkan segala macam jenis kuliner dan wadai Banjar yang amat kaya dan variatif. Meskipun kelihatannya tidak begitu relevan, dapat ditambahkan jenis-jenis ikan sungai dan buah-buahan yang dihasilkan di daerah Banjar, kapan musim-musim panennya, karena ini semua menyangkut “budaya” pengolahannya dan penyajiannya….” (Prof. Dr. Helius Sjamsuddin,sejarawan & penulis buku Pengustian dan Tumenggung)

Jika ingin mengenal tentang Banjar, seperti apa urangnya dan bagaimana kebudayaannya, buku ini bisa dijadikan pintu masuk untuk mempelajarinya. Pendekatan sejarah yang digunakan dalam tulisan ini merupakan upaya untuk menghasilkan sebuah tulisan etnografi yang menggambarkan perkembangan kebudayaan Banjar dari masa ke masa.

Buku ini hadir dengan pernyataan bahwa sejauh ini penelitian yang telah dilakukan terhadap kebudayaan Banjar hanya mengenai penelitian yang menggunakan pendekatan sinkronik, sedangkan pendekatan yang bersifat diakronis belum ada dilakukan. Bertolak asumsi itu, akhirnya sebuah pandangan muncul bahwa pentingnya sebuah penelitian dan penulisan sejarah mengenai kebudayaan Banjar yang meliputi dari zaman prasejarah sampai pada zaman kekinian. Hal ini dilakukan supaya bisa menggali lebih jauh proses perkembangan dan perubahan simbol dan nilai budaya yang telah dikaryakan oleh masyarakat Banjar terdahulu dalam kronologi waktu. (Prof. Dr. H. Wahyu, MS, Dekan FKIP Universitas Lambung Mangkurat)

Tags: , ,

Buku Terkait
Diskusi Produk (0)

Silakan tulis komentar Anda

Alamat:

Jl. Kasongan (Agen Wahana Timur Balai Desa Bangunjiwo) Gendeng RT 15, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, DIY 55184

Kurir

Pembayaran

Chat via Whatsapp
Pustaka Kita
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Pustaka Kita
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja